Minggu, 18 April 2010

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK


Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude/amplitude, kecepatan.

Riset saya kali ini mengenai Sinar X,

Sinar X dapat dihasilkan oleh elektron-elektron yang terletak dibagian kulit elektron atau dapat pula dihasilkan dari pancaran radiasi yang keluar ketika elektron yang berkecepatan tinggi menumbuk permukaan logam.

Dengan panjang gelombang yang pendek dan frekuensi yang besar, sinar X mempunyai daya tembus kuat, dapat menembus buku tebal, kayu tebal beberapa sentimeter dan pelat aluminium setebal 1 cm.

Sinar X ini biasa digunakan dalam bidang kedokteran untuk memotret kedudukan tulang dalam badan terutama untuk menentukan tulang yang patah. Akan tetapi penggunaan sinar X harus hati-hati sebab jaringan sel-sel manusia dapat rusak akibat penggunaan sinar X yang terlalu lama.

Manfaat dari sinar X dalam ilmu kedokteran, dapat digunakan untuk melihat kondisi tulang,gigi serta organ tubuh yang lain tanpa melakukan pembedahan langsung pada tubuh pasien.

Biasanya,masyarakat awam menyebutnya dengan sebutan ‘’FOTO RONTGEN’’.Selain bermanfaat,sinar x mempunyai efek/dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh kita yaitu apabila di gunakan secara berlebihan maka akan dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya,misalnya kanker.Oleh sebab itu para dokter tidak menganjurkan terlalu sering memakai ‘’FOTO RONTGEN’’ secara berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar